Sule: Kang Ibing Maestro dan Guru Para Seniman

| Thursday, August 19, 2010

Bagi Pelawak Sule sosok Kang Ibing sangat mengesankan, dengan sikap pribadinya yang santun dan sederhana. Banyak ilmu yang telah diturunkan baik langsung maupun tidak langsung kepada para komedian. Banyak gaya lawakan beliau yang ditiru hingga kini.

"Dia itu seperti orangnya, baik, dia itu guru yang menjadi kontribusi bagi seniman-seniman Bandung. Banyak seniman Bandung yang terpengaruh secara langsung dan tidak langsung dengan lawakan dia. Buktinya si Oni SOS yang terpengaruh secara langsung lawakan dia, dan mudah-mudahan dia akan seperti itu (legenda, red) lah," ungkap Sule saat dihubungi KapanLagi.com™, Kamis (19/08).

"Kang Ibing itu buat saya seorang maestro untuk seniman Bandung dan legend-lah kalau menurut saya," sambungnya menegaskan.

Sule sendiri mengaku mendapatkan kabar meninggalnya Kang Ibing sekitar pukul 21.40 WIB, saat menyaksikan acara OPERA VAN JAVA. Saat itu, dirinya mendapat kabar dari Dadang, anak dalang Asep Sunarya. Namun karena kurang yakin Sule, kemudian menghubungi beberapa teman, salah satunya pelawak Oni SOS.

"Terus saya coba cek sama teman-teman, soalnya takut kaya dulu dikabarkan meninggal ternyata..... Untuk lebih memastikan saya telepon si Oni SOS tenyata memang betul beliau meninggal sekitar jam 21.00 lah di RS. Al Islam," jelasnya.

Sule juga tidak mengetahui secara pati soal penyakit yang diderita almarhum, meski juga sering mendengar beliau sakit-sakitan.

0 comments:

Post a Comment